Citumang Green Valley Body Rafting - Pangandaran Jawa Barat

green valeey citumang pangandaran jawa barat
Citumang Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer yang ada di Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu Destinasi Wisata yang mampu bersaing dengan wisata wisata yang lain dengan kunjungan wisatawan paling banyak dalam setiap minggunya, sama halnya dengan Wisata Green Canyon wisata Citumang mampu menyedot ribuan wisatawan dalam setiap minggunya dikarenakan pesona dan keajaiban alam yang luar biasa yang ada di objek wisata Citumang atau yang saat ini lebih populer menyebutnya dengan nama Green Valey Citumang. Dewasa ini objek wisata citumang tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal tetapi juga telah banyak di kunjungi para wisatawan dari mancanegara sehingga kini namanya berubah menjadi Green Valley Citumang dengan tujuan agar popularitas Citumang lebih lebih mendunia dan mampu bersaing dengan wisata wisata yang lain yang ada di Kabupaten pangandaran.

Berdasarkan cerita para Tokoh Masyarakat, pada jaman Kerajaan – kerajaan di Indonesia mulai mengalami kemunduran dan keruntuhan, ada seseorang dari keturunan kerajaan mencoba mencari informasi mengenai sebab mundurnya dan runtuhnya kerajaan itu. Rombongan keturunan kerajaan itu pergi dengan menggunakan perahu karena menyebrangi sungai-sungai. Tetapi di sungai tersebut mengalami kekeringan dan akhirnya perahu tersebut terperangkap di sungai itu. Dan entah kemana rombongan keturunan kerajaan yang ada di perahu itu sampai saat ini. Kemudian cerita itu terdengar sampai kepada masyarakat diberi nama Ciparahu, yaitu tapak lalampahan rombongan keturunan Kerajaan (menak). Ketika beberapa tahun kedepan, ada beberapa yang melihat sungai (kali) itu. Tetapi sebelah timur sungai (kali) Ciparahu, ada curug yang menyerupai tungku(Hawu) dalam bahasa jawa disebut Tumang yang menjadi keunikan sungai Ciparahu. Dan akhirnya sekitar daerah curug dinamai oleh masyarakat dengan sebutan Citumang,yaitu air curug yang menyerupai Tungku (Tumang).

Kemudian di bagian mata air sungai (kali),ada curug yang menumpang, dan ternyata dibalik curug tersebut ada air yang mengalir. Jadi, air itu datangnya tidak hanya dari atas tetapi dari bawah juga. Dan konon didekat curug itu ada binatang Uling (sidat besar) yang katanya berada di bagian dalam gua. Apabila Uling itu bergerak, bagian sekitar gua itu akan goyang. Ada yang menyebutkan juga, bahwa sumber air dalam gua berasal dari sungai Citanjong dari Gunung Porang perbatasan banjarsari. Mata air Gunung Porang itu barasal dari Gunung Keneng, dan mata air Gunung Keneng brasal dari daerah Bagolo. Disebutlah gua dan curug itu oleh masyarakat sebagai Kali Numpang (kali yang menumpang).

Versi yang lain juga menyebutkan bahwa nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadiran buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. ada juga yang menyebutkan bahwa citumang berasal dari Cai (Bhs. Sunda = air) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan adalah air sungai yang mengalir di bawah tanah lama kelamaan namanya menjadi Citumang. Lima ratus meter dari lokasi pamandian ke arah hulu, dijumpai pesona alam berupa aliran sungai Citumang yang masuk ke dalam perut bumi dan keluar lagi di arah hilir. Aliran sungai yang masuk ke dalam goa ini diberi nama Goa Taringgul yang kemudian diberikan nama baru sebagai Sanghyang Tikoro (Batara Tenggorokan).

Beberapa tahun kedepan, banyak tokoh – tokoh masyarakat yang melihat keindahan sungai (kali) itu. Dan ada seorang tokoh yang berinisiatif untuk membuat bendungan dekat sungai Ciparahu. Tokoh masyarakat itu bernama H. Sobari berasal dari Karang Nangka. Pembuatan bendungan tersebut dengan menggunakan tali bola dan ilmu atau ajian yang dimilikinya. Dengan cara, menyelam kedalam air kurang lebih selama 2 jam dan membentangkan tali bola kedalam air. Karena jaman dulu belum ada teknologi canggih seperti jaman sekarang. Memang tidak masuk akal, tapi itulah kenyataannya. Akhirnya sampai saat ini, bendungan itu masih ada dan sungai (kali) itu terkenal dengan sebutan Citumang serta Gua dan curug itu terkenal dengan sebutan Kali Numpang. Terkait dengan banyaknya versi sejarah tentang citumang tidak di pungkiri bahwa wisata ini kini berubah menjadi salah satu tempat yang paling favorit dan paling banyak di kunjungi dan sejarah tersebut menjadikan sajian tambahan tentang keunikan Wisata Citumang.

Citumang sendiri merupakan wisata alam yang mampu menyuguhkan pesona dan keajaiban alam yang luar biasa dimana wisatawan bisa menemukan aliran sungai dengan air yang bening kebiruan dikelilingi pepohonan yang rindang, udara yang sejuk, suara satwa hutan yang tak pernah sepi dan suasana yang alami terasa tepat jika dijadikan tempat untuk melepas lelah, kepenatan dan kehidupan sibuknya suasana perkotaan. Tidak hanya itu Citumang juga menawarkan aktivitas wisata air body rafting dimana wisatawan berenang menyusuri beningnya air sungai menggunakan rompi pelampung dengan durasi 3-4 jam. Objek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Pangandaran, berjarak 19 km dari Pangandaran ke arah barat. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 40 menit.

Body Rafting , adalah olahraga air yang prinsipnya seperti rafting/arung jeram namun tidak menggunakan rakit maupun dayung. Secara internasional, istilah yang dipakai secara umum adalah Canyoning atau Canyoneering, yang berasal dari kata Canyon yang artinya tebing sungai, yaitu cerukan yang terjadi akibat pengikisan sungai terus menerus sehingga menjadi dinding tebing.

Untuk dapat sampai ke tempat wisata ini selain dengan kendaraan pribadi dapat di tempuh dengan beberapa cara, pertama wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum dari Pangandaran jurusan Cijulang/Cigugur di lanjutkan dengan ojeg yang berjarak 4 km dari jalan raya Cijulang-Pangandaran. Kedua bagi wisatawan yang berwisata ke Pangandaran dengan rombongan wisatawan dapat menyewa angkot yang ada di terminal Pangandaran karena dengan keadaan jalan kecil Bus Pariwisata belum bisa sampai disana. Dari tempat parkir wisatawan masih melanjutkan perjalanan ke pintu masuk dengan berjalan ditengah-tengah kebun warga dengan jarak 300 meter. Setelah pintu masuk perjalanan dilanjutkan sampai ke titik tujuan di hulu sungai sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan dengan pepohoan yang rindang.

Perbedaan Wisata Citumang
Green Valley Citumang Pangandaran Jawa Barat

Sungai Citumang merupakan sungai terbuka artinya ketika keadaan volume air meningkat tidak perlu khawatir terjadi banjir bandang mengingat Citumang memiliki gua dihulu sungai, sebagian besar masuk ke perut bumi (Sanghyan Tikoro) dan keluar lagi dihilir. Dilihat dari keindahan alamnya pohon-pohon yang besar dan rindang Citumang merupakan tempat yang cocok untuk hunting photo. Selain itu area parkir Citumang terbilang sangat luas.
Selanjutnya, Bagi Keluarga yang tidak mengikuti kegiatan Body Rafting Di Citumang di sediakan Gazebo dan kolam untuk terapi ikan, tempat istirahat sambil menunggu para peserta menyelesaikan kegiatan Body Rafting.
Paket Wisata Body Rafting Citumang
Green Valley Citumang Pangandaran Jawa Barat

Paket wisata ini memiliki spesifikasi yang mumpuni, cukup untuk melengkapi bahkan memuaskan pengunjung atau wisatawan yang ingin berwisata ke Citumang. Berikut spesifikasi Paket Citumang Body Rafting selengkapnya.

Fasilitas
● Perlengkapan Body Rafting
● River Guide / Pemandu
● Asuransi Jiwa
● Jasa Dokumentasi
● Kolam Terapi Ikan
● Makan 1 kali (Nasi Liwet Komplit)

Keterangan Paket Body rafting Citumang
● Paket Citumang 85.000 all in ini untuk 10 orang ke atas.
● Jika peserta 10 - 6 orang di kenakan Harga 100.000/orang All in.
● Jika peserta 5 orang - 2 orang dikenakan tarif 150.000/orang.
● Jika wisatawan datang tanpa konfirmasi sebelumnya dikenakan tarif 125.000/orang All in.
● Gratis penjemputan dan pengawalan dari tempat yang telah di sepakati.
● Ketentuan lain bisa berubah sewaktu-waktu tergantung negosisasi.
● Reservasi termasuk Negosiasi dibicarakan secara kekeluargaan.

Harga Paket
IDR. 85.000/orang
Minimal 10 Orang

Informasi Umum Wisata Body Rafting Citumang
● Jadwal Buka: Senin - Minggu
● Waktu Buka: 08-00 - 14.00 WIB
● Durasi: 2-4 jam
● Makan: 1 kali makan siang
● Start Point: Citumang
● Transport: -
    Note : Bagi peserta Body Rafting mohon untuk tidak tergiur dengan paket atau harga murah, Harga mempengaruhi setiap Kualitas, Pastikan Paketnya Kenali Pemandunya Pahami Setiap Informasi Webnya, Pastikan Kebahagiaan dan Keselamatan Liburan Anda Terjamin dengan Tidak Memilih Harga Sembarangan.
    Run Down Kegiatan Body Rafting Citumang

    WAKTUKEGIATAN
    08.00Meeting Point Di Green Valey Citumang
    08.00 - 08.20Breafing dan Pengarahan Teknis di Oleh Pemandu
    08.20 - 10.00Aktivitas Pengarungan Body Rafting Citumang
    10.30 - 11.30Bersih-bersih, Ibadah dan Makan Siang
    12.00Penutupan

    Dokumentasi Kegiatan Body Rafting Citumang
    Green Valley Citumang Pangandaran Jawa Barat

    Green Valley Citumang Pangandaran Jawa Barat

    Green Valley Citumang Pangandaran Jawa Barat

    Green Valley Citumang Pangandaran Jawa Barat

    Peta Lokasi Dari Pangandaran Ke Citumang


    Detail Informasi
    Telephon | 082218479218
    Whatsapp | 081541179185
    email | exploresantirah@gmail.com