Goa Lanang River Tubing Pangandaran Jawa Barat

G oa Lanang terletak di Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Untuk dapat menikmati wisata Goa Lanang dapat menempuh perjalanan 1,5 jam start dari Pangandaran kearah Barat, sepanjang perjalanan menuju tempat wisata pengunjung akan di suguhkan Pemandangan pedesaan dan hamparan sawah di sekeliling lokasi. Apabila wisatawan menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan dengan ukuran Bus Medium tidak ada masalah untuk sampai disana tetapi apabila wisatawan menggunakan Big Bus tidak dapat masuk kesana karena kondisi jalan yang berliku-liku dan kecil sebaiknya wisatawan menggunakan jasa angkot yang banyak parkir di terminal Pangandaran. Jika menggunakan kendaraan umum dari Pangandaran wisatawan naik bus jurusan Cijulang atau Cigugur berhenti di Panyingkiran Cibenda dilanjutkan dengan ojeg.

Goa Lanang berawal dari sejarah Prabu Anggalarang mendapat julukan sebagai pangeran lanang yang berada di dusun cikawung, desa selasari, kecamatan Parigi, Pangandaran. Dia kemudian memilih goa untuk dijadikan sebagai tempat untuk pemerintahannya. Maka dari itulah, sampai sekarang goa tersebut disebut dengan sebutan goa lanang. Sesuai dengan letak geografis lingkup kekuasaan Kerajaan Pananjung pada waktu itu adalah sekitar kota Pangandaran saat ini dan sebelah barat dayanya. Karena kerajaannya sudah tidak ada, maka kini lokasi yang dulu menjadi keraton kini dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata sejarah yang sangat unik dan menarik. Apalagi untuk bisa menikmati keindahan dalam goanya bisa dilakukan dengan menggunakan body rafting atau water tubing.
Disebut juga goa lanang karena didalamnya terdapat batuan endapan yang berbentuk seperti alat vital laki-laki. Keunikan dari Goa Lanang lainnya adalah wisatawan dapat menulusuri goa sepanjang 360 meter serta dapat berphoto ria didalam goa untuk sekedar napak tilas sejarah yang telah terjadi di Goa Lanang. Sebelum rafting di mulai, barang-barang bawaan seperti baju ganti dan lainnya dapat di simpan di tempat penitipan dan dapat di ambil di finish point. Kalau ingin membawa kamera, dompet dan handphone bisa wisatawan simpan di dalam dry bag yang disediakan oleh Guide rafting. Untuk memulai body rafting di Goa Lanang pengunjung di tantang untuk terjun ke sungai dri ketinggian 10 meter dilajutkan dengan menelusuri sungai yang membelah hutan sekitar Goa Lanang dengan durasi 2-3 jam sampai goa. Setelah selesai melaksanakan body rafting pengunjung akan menikmati suasana berjalan di hutan yang masih alami dan dilanjutkan perjalanan ke titik awal star, sesampainya disana pengunjung akan beristrahat di saung lesehan yang telah di sediakan sambil menyantap menu nasi Liwet. Seperti halnya objek wisata yang baru di buka bukan berarti Goa Lanang pun sudah memiliki fasilitas yang mumpuni untuk memanjakan pengunjung yang datang.

Kelebihan Goa Lanang

Goa Lanang tidak hanya memiliki keindahan alam yang di padukan dengan sungai dan cerita Prabu Anggalarang saja, akan tetapi wisatawan akan dikenalkan dengan fauna yang ada disana misalnya kelelawar yang banyak bergelantungan di dinding-dinding goa saking banyaknya orang sekitar menyebutnya dengan kerajaan kelelawar. Tidak sampai di situ ketika musim menggarap sawah wisatawan akan dikenalkan bagaimana menanam padi, meliat petani membajak sawah bahkan wisatawan bisa main lumpur bersama.

Body Rafting , adalah olahraga air yang prinsipnya seperti rafting/arung jeram namun tidak menggunakan rakit maupun dayung. Secara internasional, istilah yang dipakai secara umum adalah Canyoning atau Canyoneering, yang berasal dari kata Canyon yang artinya tebing sungai, yaitu cerukan yang terjadi akibat pengikisan sungai terus menerus sehingga menjadi dinding tebing.
Selanjutnya, Bagi Keluarga yang tidak mengikuti kegiatan Body Rafting Di Goa Lanang di sediakan tempat istirahat sambil menunggu para peserta menyelesaikan kegiatan Body Rafting sambil menikmati keindahan Pesawahan dan Perkebunan milik warga sekitar objek wisata Goa Lanag.
Paket Wisata Body Rafting Goa Lanang
Harga Paket
IDR. 115.000/orang
Minimal 10 Orang

Fasilitas Yang Di Dapatkan
● Perlengkapan Body Rafting
● River Guide / Pemandu
● Tiket masuk obyek wisata
● Jasa Dokumentasi
● Makan Siang
● Asuransi
Note : Bagi peserta Body Rafting mohon untuk tidak tergiur dengan paket atau harga murah, Harga mempengaruhi setiap Kualitas, Pastikan Paketnya Kenali Pemandunya Pahami Setiap Informasi Webnya, Pastikan Kebahagiaan dan Keselamatan Liburan Anda Terjamin dengan Tidak Memilih Harga Sembarangan.
Persiapan selanjutnya adalah mendengarkan instruksi sambil memakai life jacket, helm dan senter yang telah di sediakan. Pilih yang ukurannya pas biar terasa nyaman. Keamanan dan kenyamanan dalam adventure ini.. Selama dalam perjalanan body rafting/River tubing ini anda akan di suguhkan pemandangan Goa Lanang yang masih asri dan penuh dengan nuansa hijau, kicauan burung, pemandangan persawahan. Setelah lelah menikmati rafting dan bermain di air selama kurang lebih 3 jam, tentunya lapar, Anda akan di jamu dengan makan siang yang di sediakan khusus kepada para Peserta Rafting. Adventure rafting ini sangat cocok untuk usia 4 - 65 tahun.
Informasi Umum Wisata Body Rafting Goa Lanang
● Jadwal Buka: Senin - Minggu (Jum'at Tutup)
● Waktu Buka: 08-00 - 13.00 WIB
● Durasi: 2-4 jam
● Makan: 1 kali makan siang
● Start Point: Goa Lanang
● Transport: Mobil Pickup

Detail Informasi
Telephon | 082218479218
Whatsapp | 081541179185
email | exploresantirah@gmail.com