Pantai Madasari - Pangandaran Jawa Barat

Pantai Madasari legok Jawa, bisa jadi masih asing di telinga para pecinta traveling apalagi yang suka berpergian ke Pangandaran. Tetapi, bukan berarti destinasi ini tidak menarik untuk dikunjungi. Bahkan anda akan tertambat hati dan terpesona dengan keajaiban dan keindahan wisata Pantai Madasari.

Pantai dengan nama lain Bulben (berasal dari singkatan Bulak Benda) ini menyajikan panorama alam yang indah dan masih alami karena lokasi pantai ini agak sedikit jauh dari pusat keramaian Kota. Madasari memang masih asli, belum banyak sentuhan. Saat ini, destinasi ini masih dikelola oleh masyarakat setempat.

Belum banyak wisatawan yang tahu ataupun datang ke Pantai Madasari. Mungkin karena lokasinya yang jauh dari pusat kota Pangandaran dan juga fasilitas Hotel masih belum banyak walaupun ada sebagian penginapan yang dapat dijadikan tempat persinggahan sementara apabila berencan ingin bermalam di Pantai Madasari. pPara engunjung biasanya ramai datang pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional. Itu pun tidak lebih dari 50 hingga 100 orang. Meski begitu, exsistensi-nya terus menunjukan peningkatan dan kemajuan dari tiap tahunnya.

Lokasi Pantai Madasari
Kawasan Pantai Madasari terletak di Desa Legokjawa Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, dikenal dengan ke indahan pantai yang berpasir nan landai berpadu dengan indanya pepohonan yang hijau, serta bukit-bukit karang yang terpahat secara alami hampir menyerupai pantai kute di Bali.

Seperti pantai-pantai lainnya Pantai Madasari memiliki ombak yang besar dengan angin yang cukup kencang. Salah satu keunggulan Pantai Madasari adalah pantainya yang bersih dari sampah karena masih kurangnya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Madasari, Untuk ke samapai ke Pantai Madasari wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum dari Pangandaran sedangkan jalan menuju Pantai Madasari sudah cukup bagus dari terminal Pangandaran atau Cijulang ada beberapa bus yang sampai ke Cimanuk.

Bila menggunakan kendaraan Jarak dari Pantai Batu Karas ke Pantai Madasari adalah sekitar 18,5 km atau menempuh waktu sekitar 30 menit. Bisa juga dengan berjalan kaki, karena terdapat jalan setapak yang menghubungkan kedua pantai. Namun cukup jauh. Jaraknya sekitar 13 km atau atau menempuh waktu 2 jam 40 menit. Dari kota Pangandaran, destinasi ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi.Dari Pangandaran menuju ke arah Cimerak, melewati objek wisata Pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Dari Cimerak kemudian lurus ke Legokjawa, belok kiri ke Bulakbenda dan sampai di Madasari.Atau bisa juga dari Cimerak bisa langsung belok kiri ke desa Masawah terus ke Bulakbenda dan sampai Madasari. Namun, disarankan, anda ambil jalur Legok Jawa karena di jalan sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah. Sedangkan untuk wisata kuliner hasil laut di Legokjawa menyediakan hasil tangkapan nelayan berupa ikan dan lobster yang bisa dibeli wisatawan di tempat pelelangan dengan harga yang cukup murah alias tidak akan menguras kantong.

Exsotisnya Pulau Pulau Kecil di Madasari
Hamparan pasir membentang luas dengan keasrian pantai dan alam bak permadani akan menyambut Anda begitu menginjakkan kaki di pantai ini. Salah satu ciri khas dari Pantai Madasari adalah adanya pulau-pulai kecil di pinggir pantai terlihat sepanjang penglihatan mata. kurang lebih terdapat enam pulau yang ada di sekitaran Pantai Madasari. Warga sekitar biasanya menyebutnya dengan sebutan: Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai.Bagi anda yang suka berpetualang, bisa juga menjelajah alam yang ada di sekitar Pantai Madasari. Konon masih terdapat banyak hewan liar seperti cangehgar/ayam hutan di sekitaran hutan Pantai Madasari.

Pas Buat Menghilangkan Penat
Pantai Madasari yang sepi nan indah sungguh pas buat sahabat pelancong untuk melepas penat dan lelah kehidupan di Perkotaan. Memandangi pemandangan alam yang indah na exsotis, membantu anda rileks sejenak dari rutinitas kehidupan di perkotaan. Hantaman ombak yang seperti tidak ada henti-hentinya bak orkestra penenang jiwa tidak ada lelahnya berdebur di setiap saat. Percikan air laut yang membentur karang lalu pecah tak beraturan ke arah langit akan menambah kekaguman anda pada Pantai Madasari. Atau menikmati senjanya sambil dihibur oleh segerombolan burung-burung yang akan bermalam di pulau karang di tengah laut ini bisa anda nikmati setiap saat ketika anda berkunjung dan berlibur ke Pantai Madasari.

Alangkah baiknya jika anda berkunjung ke Pantai Madasari ini berombongan bersama keluarga atau pun teman. Sehingga suasana menjadi lebih seru dan makin menambah kehangatan dan keceriaan liburan anda.Namun hati-hati apabila air pantai sedang surut dan jangan sesekali anda bermain ke tengah pantai karena Pantai ini tidak di anjurkan untuk berenang kecuali di tempat khusus yang aman untuk melakukan aktivitas berenang dan masih banyak bulu babi yang terbawa oleh gulungan ombak ketika kondisi airnya sedang surut.

Sangat Pas Bagi Pecinta Camping Ground
Pantai Madasari bukan hanya menawarkan keindahan Pantai dan alamnya saja disini juga sangat cocok sebagai lokasi camping bagi para wisatawan yang hobi berkemah atau pecinta alam. Banyak spot hamparan rumput di sekitar pantai yang bisa dijadikan lokasi camping ground atau bermalam sambil menikmati indahnya malam di Pantai madasari.

Salah satu kunjungan paling Fenomenal adalah ketika Grup Band legendaris Slank juga pernah melaksanakan acara Jambore Slanker Jabar yang ke-10 (Aniversary 10 th) Paguyuban Slanker Jawa Barat (PSJB) di pantai ini pada tanggal 18 – 19 Oktober 2014 .Dalam jambore tersebut para slanker Jabar juga mengadakan bakti sosial membersihkan pantai dan memberi bantuan 19 toilet atau WC Umum di Pantai Madasari. Prasastinya langsung ditandatangani oleh para personel Slank.Bagi tertarik untuk camping, anda bisa menghubungi penduduk setempat agar ditunjukan tempat yang paling strategis. Termasuk yang dekat dengan fasilitas Kamar mandi dan WC. Atau, bisa juga menggunakan jasa penyedia paket wisata, sehingga tidak perlu membawa peralatan camping sendiri.

Tiket masuk Pantai Madasari
● Pejalan kaki Rp 2.500
● Sepeda motor Rp 7.500
● Jip, sedan, kijang Rp19.000
● Bus kecil Rp 36.000
● Bus sedang Rp 68.000
● Bus besar Rp 83.500

Detail Informasi
Telephon | 082218479218
Whatsapp | 081541179185
email | exploresantirah@gmail.com